Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Perkembangan Situasi Gunung Agung dapat dilihat di http://indonesia.travel/gb/en/agung
  • Pengumuman Seleksi Jabatan( Menu : Berita > Pengumuman Seleksi Jabatan )
  • Pengumuman Hasil Akhir Seleksi CPNS 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 > Hasil Akhir Seleksi CPNS )
  • Pengumuman Nominasi Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • International Year Of Sustainable Tourism For Development 2017 ( Menu : Berita > International Conference On Sustainable )
  • Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Pariwisata Tahun 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 )
  • Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • Student Video Essays Contest (menu : Berita > Pengumuman )
  • Pengumuman Usulan Dana Alokasi Khusus Subbidang Pariwisata Tahun Anggaran 2016
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 ISTA
 Seleksi Penerimaan CPNS 2017
 Seleksi CPNS
 Verifikasi Administrasi
 Seleksi Kompetensi Dasar
 Seleksi Kompetensi Bidang
 Hasil Akhir Seleksi CPNS
 International Conference On Sustainable Tourism
 Pengumuman Seleksi Jabatan
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
 
CEO Message
CEO Message #38 Co-Branding Artis
15-Nop-2017 09:00

Hari ini (14/11/2017) adalah hari yang spesial karena kita kedatangan tamu-tamu spesial yaitu 21 selebritas ternama yang akan menjadi partner kita dalam mempromosikan Wonderful Indonesia/Pesona Indonesia (WI/PI). Selebritas-selebritas ini istimewa, karena mereka bukanlah sembarang artis melainkan artis yang sekaligus adalah entrepreneur yang sedang mengembangkan brand-nya.

Sebut saja Prilly Latuconsina yang meluncurkan Really Cake di Balikpapan. Rossa yang mengembangkan Minang Mande Cake di Padang. Dewi Sandra punya WingkoRolls di Semarang. Irfan Hakim dan Omes punya Kunafe di Bandung. Cathy Sharon dengan brand kosmetik Urban Lips. Begitu juga Irwansyah, Teuku Wisnu, Shireen Sungkar, Dhini Aminarti, Fitri Carlina hingga Ria Ricis. Siang nanti, mereka akan menandatangani nota kesepahaman kerjasama co-branding dengan WI/PI.

Para selebritas ini tentu punya basis fans atau penggemar yang luar biasa banyaknya, sehingga sangat strategis untuk mempromosikan pariwisata Indonesia. Prilly misalnya, yang sedang naik daun jadi idola generasi millenials, memiliki 19 juta followers di Instagram. Atau Ria Ricis, seorang youtubers dan selebgram yang juga lagi ngehits dengan 7,6 juta followers.

Seperti kita ketahui, brand equity Wonderful Indonesia semakin hari semakin ngehits di kancah global. Pada 2013, Wonderful Indonesia praktis tidak dikenal oleh dunia, namun pada 2015 peringkatnya berada di posisi 47 atau naik 100 peringkat, dari 141 negara. Wonderful Indonesia sudah menjadi “global brand” karena exposure kita di mancanegara sudah cukup massif. Saat acara WTM di London kemarin, ratusan taksi black cab kita branding dengan Wonderful Indonesia. Kita juga memasang billboard di salah satu tempat paling ramai di dunia yaitu New York Times Square.

Maka, menjalin co-branding partnership antara Wonderful Indonesia dengan selebritas dan brand-brand milik selebritas ini akan menjadi kerjasama yang strategis dan sangat powerful. Saya sering mengatakan, co-branding adalah kolaborasi antara dua brands yang bersinergi menghasilkan 1 + 1 = 3, bukan 2. Artinya, “the whole is bigger than the parts,” hasil gabungan lebih besar dari jumlah bagian-bagiannya. Dengan ber-cobranding maka kekuatan brand equity-nya akan berlipat-lipat.

Kebetulan para selebritas ini kebanyakan berbisnis oleh-oleh kekinian di kota-kota yang menjadi destinasi wisata, sehingga sangat klop jika mereka melakukan partnership dengan brand WI/PI. Kita ketahui saat ini pariwisata telah menjadi sektor yang sangat strategis dalam perekonomian negeri ini, sebagai penyumbang devisa terbesar kedua, bukan tidak mungkin akan menjadi yang tertinggi beberapa tahun lagi. Maka, tidak salah lagi pilihan para artis ini menggeluti bisnis yang mendukung sektor pariwisata.

Para selebritas ini sekaligus akan menjadi endorser yang luar biasa bagi kampanye pariwisata kita. Seperti sudah sering saya bahas, untuk strategi media saya punya jurus yang saya sebut POSE: paid, owned, social media, dan endorser. Tiga yang pertama yaitu: paid media, owned media, social media dijadikan satu, saya namakan convergence media. Sementara unsur keempat yaitu endorser punya peran yang tak kalah penting. Karena, dalam marketing siapa yang bicara itu sangat penting. Apalagi di Indonesia, siapa tokoh yang berbicara jauh lebih penting lagi.

Saya bilang, “semakin mahal endorser, maka ujung-ujungnya semakin murah.” Kalau kita menyewa endorser yang mahal alias lagi top-topnya, maka si endorser akan menghasilkan impresi yang sangat tinggi dan powerful. Ini biasanya diikuti dengan convertion rate yang tinggi pula. Dengan impresi yang sangat tinggi, maka sesungguhnya biaya per impresinya jauh lebih rendah. Atau dengan kata lain price per performance-nya rendah.

Karena itu dalam memilih para selebritas endorser dalam co-branding parnership ini kita tidak tanggung-tanggung. Dengan kerjasama co-branding ini, maka biaya yang kita keluarkan untuk endorser akan jauh lebih murah lagi. Mereka tak akan segan-segan mempromosikan Pesona Indonesia, sekaligus destinasi dimana produk mereka berada. Low budget, double impact!

Melalui CEO Message ini sekaligus saya ingin mengucapkan terima kasih kepada 21 selebritas yang siang ini menandatangani MOU co-branding partnership dengan WI/PI. Saya yakin keinginan tulus mereka untuk mempromosikan pariwisata adalah bentuk kecintaan kepada Tanah Air Indonesia. Sekaligus kerjasama ini merupakan bagian dari upaya untuk membangun brand mereka agar terus berkembang dan sustainable. Jadi sekali merengkuh dayung, dua pulau terlampaui.       

 

Salam Pesona Indonesia!!!

 

 

Dr. Ir. Arief Yahya, M.Sc.

Menteri Pariwisata

 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved