Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Pengumuman Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018 dapat dilihat pada link berikut!
  • Pengumuman Seleksi CPNS Kemenpar Tahun 2018 dapat dilihat pada link berikut!
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 Pengumuman Seleksi Jabatan
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
 Calender Of Event
 ISTA 2018
 Tentang ISTA
 Pedoman ISTA
 Dokumen dan Formulir Pendaftaran ISTA
 
Berita Utama
Siaran Pers : Presiden Nyatakan Bali Aman
25-Des-2017 15:00
Jakarta, 22 Desember 2017 - Presiden Joko Widodo mengumpulkan jajarannya di Kabinet Kerja untuk membahas soal peningkatan pariwisata Indonesia di Bali. Pesan yang hendak disampaikannya yakni, kondisi Bali saat ini aman untuk dikunjungi sebagai lokasi wisata favorit. Sebelumnya, pariwisata di Bali sempat terganggu karena dampak erupsi dari Gunung Agung.
 
Kondisi saat ini, sejumlah tempat wisata yang ada di Bali tetap aman untuk dikunjungi saat erupsi terjadi. Namun, banyaknya pemberitaan mengenai erupsi tersebut yang ditambah dengan adanya sejumlah travel advice terkait kondisi Bali menyebabkan adanya penurunan aktivitas pariwisata di sana.
 
"Dengan rapat terbatas yang kita lakukan di Bali ini kita harapkan bahwa memang di Bali tidak ada masalah yang berkaitan dengan aman dan tidaknya wisata di Bali karena erupsi di Gunung Agung," Presiden kembali menekankan.
 
Untuk menindaklanjuti hal itu, Presiden meminta Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pariwisata, kedutaan-kedutaan, serta maskapai penerbangan untuk aktif memberikan informasi terkini dan akurat mengenai kondisi Bali saat ini dan keamanan yang terjamin bagi para wisatawan.
 
"Tentu saja langkah kontingensi kita siapkan kalau memang bencana itu terjadi," ia menambahkan.
 
Presiden Kunjungi Kuta
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Pariwisata, Menteri Sekretaris Negara, Menteri Pekerjaan Umum dan Gubernur Bali mengunjungi kawasan Kuta dan sekitarnya untuk meninjau kondisi pariwisata di area tersebut. Pada kesempatan itu, Presiden Joko Widodo juga menyapa secara langsung masyarakat yang sedang berkunjung di Kuta. Selain berkeliling Pantai Kuta, Jokowi juga mengunjungi toko cindera mata serta berfoto dan nge-vlog dengan wisatawan. 
 
Melalui kunjungan tersebut, Presiden Jokowi ingin memberi pesan bahwa kawasan pariwisata di Bali aman. Presiden mengabadikan momen tersebut dalam vlog-nya.  "Bali aman, kita lihat semuanya aman. Ramai," ujar Presiden Joko Widodo.
 
Kehadiran Presiden Jokowi ini tentunya memberikan pesan ke dunia bahwa kondisi Bali sepenuhnya aman dan sudah normal. Akses Bandara pun sudah dibuka. Penerbangan tidak terganggu. 
 
Seperti yang telah disampaikan sebelumnya oleh Menko Maritim Luhut Panjaitan usai rapat pembahasan mengenai situasi terkini Gunung Agung, status awas hanya berlaku pada jarak 10 kilometer dari puncak Gunung Agung. Dalam ratas disebutkan, dari hasil paparan Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) status Gunung Agung masih awas hanya pada radius 10 kilometer. Untuk di daerah Bali lainnya dinyatakan normal.
 
Hal itu diperkuat dengan analisa dari BMKG tentang arah angin yang secara umum bertiup ke arah timur sampai bulan Maret. Sehingga disimpulkan bandara Ngurah Rai aman. Untuk kepariwisataan di Bali dinyatakan aman kecuali pada radius awas Gunung Agung.
 
"Saya sebelumnya menyatakan Bali waspada. Tapi sekarang saya cabut dan nyatakan Bali normal. Kecuali yang masuk dalam radius awas Gunung Agung 10 kilometer," timpal Menpar Arief Yahya.
 
Senada, Menpar mengatakan, kehadiran Presiden telah membuktikan bahwa Bali sepenuhnya aman. Dengan "pesan" ini tentunya diharapkan wisatawan tidak perlu lagi merasa takut ataupun khawatir datang ke Bali. "Kunjungan Presiden bisa menggairahkan pariwisata di Bali. Juga bisa meningkatkan angka kunjungan wisman. Kami berterima kasih karena wisata Bali juga dibantu dipromosikan Presiden langsung," ucap Menpar Arief Yahya.
 
Setelah meninjau aktivitas di Pantai Kuta dan menyapa wisatawan, rombongan presiden dan menteri pun singgah untuk bersantai dan ngopi di Warung Made. "Wisatawan antusias, semuanya berjalan normal. Sempat ngopi dan makan nasi campur di Warung Made," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya. 
 
Warung Made atau Made's Warung merupakan restoran yang berada di Jalan Pantai Kuta, Seminyak dan Bandara Ngurah Rai. Made's Warung berdiri semenjak tahun 1969, dan menjadi tempat makan dan tempat berkumpul favorit, baik bagi turis maupun penduduk lokal. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik)

 

Laporan 4 Tahun Jokowi - JK

 

                Download

Pengumuman Seleksi CPNS

SAYEMBARA DESAIN

 

Hubungi Kami

      

E-Magazine

       

Selengkapnya...

Tourist Statistik

Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kementerian Pariwisata (LAKIP) Tahun 2017
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2016
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Tahun 2015
Selengkapnya...
Pengumuman
Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi
Pengumuman Sayembara Desain Pusat Cenderamata Pariwisata 2018
Pengumuman Seleksi CPNS Kementerian Pariwisata Tahun 2018
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved