Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Perkembangan Situasi Gunung Agung dapat dilihat di http://indonesia.travel/gb/en/agung
  • Pengumuman Seleksi Jabatan( Menu : Berita > Pengumuman Seleksi Jabatan )
  • Pengumuman Hasil Akhir Seleksi CPNS 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 > Hasil Akhir Seleksi CPNS )
  • Pengumuman Nominasi Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • International Year Of Sustainable Tourism For Development 2017 ( Menu : Berita > International Conference On Sustainable )
  • Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Pariwisata Tahun 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 )
  • Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • Student Video Essays Contest (menu : Berita > Pengumuman )
  • Pengumuman Usulan Dana Alokasi Khusus Subbidang Pariwisata Tahun Anggaran 2016
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 ISTA
 Seleksi Penerimaan CPNS 2017
 Seleksi CPNS
 Verifikasi Administrasi
 Seleksi Kompetensi Dasar
 Seleksi Kompetensi Bidang
 Hasil Akhir Seleksi CPNS
 International Conference On Sustainable Tourism
 Pengumuman Seleksi Jabatan
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
 
Berita Utama
Siaran Pers: Apresiasi Pesona Destinasi Pariwisata Indonesia (APDPI) 2017
27-Sep-2017 19:00

 Jakarta, 27 September 2017---Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya memberikan penghargaan (award)  Apresiasi Pesona Destinasi Pariwisata Indonesia (APDPI) 2017 yang berlangsung di Birawa Assembly Hall Hotel Bidakara,  Jakarta Selatan, Rabu (27/9).   Acara pemberian penghargaan APDPI 2017 yang baru pertama kali ini bertepatan perayaan Hari Pariwisata Dunia (World Tourism Day) yang diperingati setiap tanggal 27 September sekaligus penutupan kegiatan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pariwisata III-2017 yang berlangsug selama dua hari (Selasa-Rabu/26-27/9) di tempat yang sama.

Menpar Arief Yahya mengatakan, APDPI 2017 ini sebagai bentuk apresiasi dan insentif dari Pemerintah (Kemenpar) kepada pelaku pariwisata untuk meningkatkan daya saing pariwisata Indonesia menuju kelas dunia, “Acara malam apresiasi ini juga sekaligus untuk memperingati  Hari Pariwisata Dunia tahun ini tema yang ditetapkan oleh UNWTO adalah ‘Sustainable Tourism, a Tool for Development,”  kata Arief Yahya.

Apresiasi diberikan kepada pengelolaan hotel yang ramah lingkungan (green hotel); pengelolah homestay serta community based tourism (CBT); pengelola destinasi yang dinilai telah berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan (ISTA); Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis); dan pemenang sayembara desain restoran nusantara.

Green Hotel

Green Hotel Award 2017 merupakan ajang dua tahunan yang dimulai pada 2009 ini kembali memberi penghargaan kepada industri hotel yang dinilai telah mengimplementasikan prinsip-prinsip ramah lingkungan. Setelah dilakukan penilaian maka ditetapkan 10 hotel yang berhak meraih penghargaan Green Hotel Award 2017.

Green Hotel Award 2017 diharapkan dapat meningkatkan kepedulian pelaku usaha hotel terhadap pelibatan masyarakat serta upaya-upaya pelestarian alam dan budaya lingkungan sekitar. Serta meningkatkan minat wisatawan, khususnya wisatawan mancanegara yang semakin peduli terhadap kondisi alam dan budaya untuk berkunjung ke Indonesia. "Wisatawan dunia banyak yang concern terhadap pelestarian lingkungan, sehingga akan menempatkan green hotel yang ramah lingkungan sebagai pilihan dan kebutuhan," kata Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kemenpar Dadang Rizki Ratman.

Homestay serta CBT

Apresiasi diberikan kepada pengelola  Homestay serta Community Based Tourism (CBT) dalam   Ajang "Homestay and Community Based Tourism (CBT) Tahun 2017". Penghargaan diberikan kepada lima terbaik untuk kategori Homestay serta tiga terbaik untuk kategori CBT.

Apresiasi diberikan kepada masyarakat yang telah membangun dan mengelola homestay dengan baik. Juga memotivasi masyarakat agar berlomba dan bersaing menyediakan homestay yang terbaik bagi wisatawan serta  community based tourism(CBT)  atau pengelolaan pariwisata berbasis masyarakat lokal di tiap-tiap desa wisata juga akan dinilai, baik dari segi operasional maupun manajemennya.

Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017

Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2017 sebagai ajang penghargaan bagi destinasi serta pemangku kepentingan (stakeholder) pariwisata yang dinilai telah berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) dalam pengelolaan pariwisata di daerahnya. Sebanyak 17 pengelola destinasi ditetapkan sebagai pemenang karena dinilai telah menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Kementerian Pariwisata, Dadang Rizki Ratman mengatakan, sebagai negara dengan nature dan culture resource yang masuk dalam “Top 20 in the World”, sudah sepatutnya Indonesia dapat terus menjaga dan mempertahankan.

ISTA merupakan ajang penghargaan bagi destinasi serta entitas pemangku kepentingan (stakeholder) pariwisata yang telah berkomitmen menerapkan prinsip-prinsip pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism) dalam pengelolaan pariwisata di daerahnya.

Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis)

Apresiasi diberikan kepada 16 Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dalam ajang penghargaan "Apresiasi Kelompok Sadar Wisata 2017". Penghargaan diberikan dalam dua kategori; Pokdarwis kategori Mandiri serta Pokdarwis kategori Berkembang.

Apresiasi Kelompok Sadar Wisata merupakan komitmen pemerintah dalam rangka pembinaan dan penghargaan kepada Kelompok Sadar Wisata yang berhasil melaksanakan fungsinya.

Melalui ajang ini diharapkan dapat mendorong Kelompok Sadar Wisata untuk meningkatkan kualitas peran dan kapasitasnya dalam pengembangan dan pengelolaan kepariwisataan yang inovatif, kreatif, berwawasan lingkungan serta berkelanjutan.

"Kementerian Pariwisata telah menetapkan Sadar Wisata sebagai salah satu 10 dari Program Prioritas pada tahun 2017. Dengan demikian peran Kelompok Sadar Wisata menjadi strategis dalam rangka mewujudkan destinasi pariwisata yang Sadar Wisata dan Sapta Pesona.

Sayembara Desain Restoran Nusantara

Apresiasi diberikan kepada para pemenang ajang "Sayembara Desain Restoran Nusantara" yang nantinya karya mereka digunakan untuk  menyusun suatu pedoman desain arsitektur bagi masyarakat dalam membangun restoran di 10 Destinasi Pariwisata Prioritas Indonesia.

Sayembara Desain Restoran Nusantara ini  merupakan kelanjutan dari sayembara sebelumnya yaitu "Sayembara Desain Rumah Wisata (Homestay) Nusantara". Sayembara ini diselenggarakan untuk mendukung pengembangan amenitas (fasilitas) pariwisata sebagai salah satu dari tiga aspek pengembangan pariwisata (3A) yaitu atraksi, aksesibilitas dan amenitas.

"Salah satu amenitas yang dibutuhkan dalam pengembangan destinasi pariwisata adalah ketersediaan restoran. Dalam pengembangan destinasi pariwisata, peran serta masyarakat menjadi hal penting untuk diwujudkan dalam rangka menjadikan mereka 'Tuan Rumah di Negerinya Sendiri'," ujar Dadang Rizki Ratman.

Sayembara Desain Restoran Nusantara memberikan kesempatan bagi para arsitek di seluruh Indoenesia untuk turut memajukan Restoran Nusantara. Memberikan solusi kepada Kementerian Pariwisata untuk mengembangkan kawasan wisata dengan desain yang terbaik. Selain itu juga mendukung program pengembangan 10 destinasi wisata di Indonesia yang diprioritaskan oleh pemerintah. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik)

Tourist Statistik

Fokus Berita
Narasi Tunggal : Imunisasi Efektif Cegah Difteri
Narasi Tunggal : ASIA PACIFIC LEADERS FORUM ON OPEN GOVERNMENT 2017: KETERBUKAAN PEMERINTAH UNTUK PEMBANGUNAN YANG INKLUSIF
Siaran Pers Menpar Arief Yahya Berikan Penghargaan APWI 2017
Selengkapnya...
Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2016
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Tahun 2015
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2015
Selengkapnya...
Pengumuman
Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kementerian Pariwisata Tahun 2017
Seleksi CPNS Kementerian Pariwisata Tahun 2017
Daftar Pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved