Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Pengumuman Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 > Seleksi Kompetensi Dasar )
  • Pengumuman Verifikasi Administrasi CPNS 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 > Verifikasi Administrasi )
  • Pengumuman Nominasi Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • International Year Of Sustainable Tourism For Development 2017 ( Menu : Berita > International Conference On Sustainable )
  • Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Pariwisata Tahun 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 )
  • Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • Student Video Essays Contest (menu : Berita > Pengumuman )
  • Pengumuman Usulan Dana Alokasi Khusus Subbidang Pariwisata Tahun Anggaran 2016
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 ISTA
 Seleksi Penerimaan CPNS 2017
 Seleksi CPNS
 Verifikasi Administrasi
 Seleksi Kompetensi Dasar
 Seleksi Kompetensi Bidang
 International Conference On Sustainable Tourism
 
Berita Utama
Siaran Pers SIPA 2017 Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Solo
6-Sep-2017 12:00

Solo, 6 September 2017---Penyelenggaraan event Solo Internasional Performing Arts (SIPA) ke-9 yang digelar di Benteng Vastenburg, Kedunglumbu, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah (Jateng)   pada 7-9 September 2017 akan memberikan dampak positif meningkatkan kunjungan wisatawan ke Solo.

SIPA 2017 yang dibuka secara resmi oleh Walikota Solo F.X Hadi Rudyatmo  ini menampilkan para penampil (performer) dari berbagai daerah di Tanah Air dan mancanegara antara lain Australia, Malaysia, Chile, dan Filipina dalam tiga hari penampilkan akan menyedot perhatian lebih dari 10.000 penonton yang hadir dalam panggung pertunjukan tersebut.

Deputi Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara (Deputi BP3N) Kementerian Pariwisata (Kemenpar)  Esthy Reko Astuti mengapresiasi penyelenggaraan event tahunan SIPA bertaraf internasional yang setiap tahun diikuti kelompok para penampil  dari berbagai daerah di Tanah Air dan mancanegara.

“Even SIPA memberikan kontribusi cukup besar terhadap peningkatan kunjungan wisatawan ke Solo yang setiap tahun terus meningkat. Rata-rata wisatawan yang datang ke Solo mecapai 4 juta wisatawan,” kata Esthy Reko Astuti.

Tahun 2015 jumlah wisatawan yang berkunjung ke Solo sebanyak 4,2 juta, sedangkan pada tahun berikutnya 2016 meningkat menjadi  4.395.550 yang terdiri dari wisatawan nusantara (wisnus) 4.361.868 dan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 33.682 wisman.

SIPA sebagai  festival seni pertunjukan dunia digagas oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) semasa menjabat sebagai walikota Solo. SIPA diharapkan menjadi festival yang bergengsi di industri kreatif senin pertunjukan.

Penyelenggaraan SIPA setiap tahun memilih tema dan masko yang berbeda. Pada penyelenggaran SIPA ke-9 tahun 2017 kali ini  mengangkat tema “Bahari Kencana Maestro Karya”  dimaksudkan sebagai pesan kepada masyarakat agar merawat dan mencintai laut, sedangkan sebagai maskop SIPA 2017 adalah  Eko Supriyanto atau yang biasa dipanggil Eko Pece adalah seniman tari dan koreografi muda yang aktif berkarya di Tanah Air dan mancanegara.

Selama tiga hari acara pertunjukan menampilkan sejumlah kelompok penampil yang sebelumnya melalui seleksi ketat. Pada hari pertama (Kamis, 7/9) adalah  Opening SIPA 2017; Semarak Candra Kirana dan Eko’s Dance Company, Gayo Lues (Aceh), Melanie Lane (Australia), Cry Jailolo (Halmahera Barat), Otniel Tasman (Banyumas).

Hari kedua (Jumat, 8/9 ) yakni; Teater Tetas (Jakarta), Danang Pamungkas (Solo), Silhoutte Art Performance (Malaysia), Joel Inzunza (Chile),  Riau Rhythm Chambers Indonesia (Pekanbaru - Riau), dan Hari Ketiga (Sabtu, 9/9) adalah;  Silhoutte Art Performance (Malaysia),  Sasando Grub (NTT),  La Salle Teatro Gundegan (Filipina),  Sanggar Seni Jinggo Sobo (Banyuwangi), dan  Sanggar seni Tiara Selatan (Bangka Selatan). (Biro Hukum dan Komunikasi Publik

Tourist Statistik

Fokus Berita
Siaran Pers : Status Gunung Agung Tetap, Bandara Ngurah Rai Normal
Bali Gelar Berbagai Festival Dongkrak Kunjungan Wisatawan
GWK Bali segera Menjadi Ikon Baru Dunia
Atraksi Swafoto Menjadi Andalan Desa Wisata Bali
Selengkapnya...
Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2016
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Tahun 2015
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2015
Selengkapnya...
Pengumuman
Seleksi Kompetensi Dasar CPNS Kementerian Pariwisata Tahun 2017
Seleksi CPNS Kementerian Pariwisata Tahun 2017
Daftar Pemenang Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved