Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Pengumuman Nominasi Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • International Year Of Sustainable Tourism For Development 2017 ( Menu : Berita > International Conference On Sustainable )
  • Seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Lingkungan Kementerian Pariwisata Tahun 2017 ( Menu : Berita > Seleksi Penerimaan CPNS 2017 )
  • Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • Student Video Essays Contest (menu : Berita > Pengumuman )
  • Pengumuman Usulan Dana Alokasi Khusus Subbidang Pariwisata Tahun Anggaran 2016
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 ISTA
 Seleksi Penerimaan CPNS 2017
 International Conference On Sustainable Tourism
 
Berita Utama
Siaran Pers : Kemenpar Genjot Sport Tourism Lewat Event Ironman 70.3 di Bintan
13-Jul-2017 10:00

Jakarta – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menunjukan keseriusan guna mencapai target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara di 2019 dengan menggenjot daya tarik wisata buatan, bukan hanya mengandalkan daya tarik alam maupun budaya di suatu destinasi. Hal ini dibuktikan Kemenpar dengan memberikan dukungan atas penyelenggaran Seri Kejuaraan Triathlon internasional, Ironman 70.3, yang akan berlangsung di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, 20 Agustus 2017. 

“Sumbangan wisatawan mancanegara dari sport tourism memang tidak sebesar wisata alam maupun budaya. Tapi penyelenggaran event seperti ini tidak bisa disepelekan, apalagi turis datang ke suatu destinasi tidak hanya memiliki single motivation. Selain, melihat alam dan budaya tentu turis juga ingin merasakan pengalaman lain. Maka dari itu sport tourism dan MICE Tourism merupakan dua wisata buatan yang kita genjot sekarang ini,”ujar I Gde Pitana, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara Kementerian Pariwisata, Rabu (12/7/2017).

Lebihlanjut I Gde Pitana, pada jumpa pers yang didampingi Abdul Wahab GM Bintan Resort Cakrawala; Luki Zaiman Head of Bintan Tourism; Fierman Autar Head of Consumer Engagement  Coorporate Marketing Indofood;  Nathalie Marquet CEO of MetalSport (Penyelenggara IRONMAN 70.3 Bintan 2017),  menjelaskan Triathlon di Bintan ini merupakan salah satu kejuaraan Ironman 70.3 yang paling pesat perkembangannya. Bahkan tingkat kepuasan atlet yang mengikuti lomba ini mencapai 95 persen.

Hal ini juga didukung oleh Nathalie Marquet, mengakui penyelenggaraan Ironman 70.3, Bintan menjadi peringkat ketiga terbaik dunia. “Dari survei global Ironman 70.3, perlombaan di Bintan ini menghuni posisi ketiga di dunia setelah seri Jerman dan Prancis. Bintan menjadi edisi Ironman yang memiliki perkembangan pesat yakni 60 persen dan diyakini tahun ini pun animonya bakal lebih meriah,” jelas Nathalie.

Seri kejuaraan triathlon internasional, Ironman 70.3 menggabungkan olahraga renang, sepeda, dan lari yang dilakukan sepanjang rute 70.3 mil atau 112,9 kilometer. Untuk rute lomba, akan sedikit berbeda dibandingkan tahun lalu. Kejuaraan ini akan dimulai pada pagi hari, dibuka dengan berenang sejauh 1,9 kilometer yang mengambil posisi start di Plaza Lagoi. Selanjutnya, para atlet akan bersepeda sejauh 90 kilometer. Lomba diakhiri dengan berlari sejauh 21 kilometer. 

Tahun ini, Ironman 70.3 ditargetkan akan diikuti oleh sejumlah 16 atlet elit dan 1.200 atlet amatir atau rekreasional, baik lokal maupun mancanegara. Untuk kategori elit, para atlet akan memperebutkan total hadiah sebesar 15.000 dollar AS, atau sekitar Rp 200 juta. Sebagian peserta Ironman 70.3 Bintan 2017 juga akan berupaya mendapatkan satu dari 30 kuota untuk mengikuti Kejuaraan Dunia Ironman 70.3 2018 di Afrika Selatan.

 I Gde Pitana mengharapkan lokasi penyelenggaran di Bintan dapat menyedot sejumlah besar wisatawan mancanegara terutama Singapura dan Malaysia untuk datang melihat maupun mengikuti Ironman 70.3.

“Lokasi Bintan yang merupakan border area punya keistimewaan yang membuat orang Singapura bisa lebih cepat dan mudah datang ke lokasi event. Belum lagi, Bintan selama ini memang menjadi tempat pilihan bagi orang Singapura dan orang asing yang tinggal di Singapura untuk menghabiskan weekend-nya,”ujar I Gde Pitana. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik)

 

Tourist Statistik

Fokus Berita
Visi Misi Kemenpar, Homestay Dan Progress Homestay
Siaran Pers : ITdBI 2017 Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi
NARASI TUNGGAL : Waspada Pandemi Influenza, Kemenkes Simulasi Siaga
Selengkapnya...
Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekretariat Kementerian Pariwisata Tahun 2016
Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2016
Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2015
Selengkapnya...
Pengumuman
Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017
Daftar Nama Pemenang Lomba Anugerah Pesona Bahari 2016
Pendaftaran Peserta World Halal Tourism Summit 2016 di Abu Dhabi UEA Dibuka!
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved