Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Only 58 days left to the #AsianGames2018 just Prepare For The Games! 🇮🇩
  • Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) 2018 dapat dilihat di Menu Berita-->ISTA
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 Pengumuman Seleksi Jabatan
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Madya
 Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama
 Calender Of Event
 ISTA 2018
 Tentang ISTA
 Pedoman ISTA
 Dokumen dan Formulir Pendaftaran ISTA
 
Berita Utama
NARASI TUNGGAL : Tawarkan Destinasi Wisata Jalur Mudik Lebaran, Kemenpar Luncurkan #MudikPenuhPesona
28-Jun-2017 11:00

SIARAN PERS

Tawarkan Destinasi Wisata Jalur Mudik Lebaran, Kemenpar Luncurkan #MudikPenuhPesona

 

Jakarta - Libur lebaran adalah salah satu momentum istimewa yang paling ditunggu-tunggu oleh Kementerian Pariwisata guna meningkatkan jumlah perjalanan wisatawan sebagai upaya pencapaian target 275 juta perjalanan wisatawan nusantara (wisnus) dan 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di tahun 2019. Target capaian wisman dan wisnus tersebut merupakan amanat langsung Presiden Joko Widodo yang harus dilaksanakan guna mengembangkan sektor pariwisata Indonesia. Mengulang kesuksesan program promosi wisata lebaran tahun lalu, Kemenpar kembali meluncurkan terobosan program #MudikPenuhPesona guna mempromosikan destinasi pariwisata jalur mudik 2017 yang potensial untuk dieksplorasi oleh para wisatawan.

Menteri  Pariwisata Arief Yahya menyatakan jika momen libur lebaran 2017 ini sangat efektif untuk menarik kunjungan wisatawan dalam jumlah yang besar setelah sempat menurun selama bulan Ramadan. “Saat bulan puasa, jumlah wisman dan wisnus memang menurun drastis, tapi saat libur lebaran, pasti terjadi pergerakan besar-besaran dari wisnus dengan jumlah mencapai 20 juta”, ungkap Menpar (27/06).  

Selain itu, Menpar menambahkan jika libur Lebaran 2017 yang cukup panjang ini merupakan kesempatan yang sangat potensial untuk dimanfaatkan sebagai waktu liburan keluarga yang berkualitas. "Untuk memanjakan wisatawan, Kemenpar menawarkan referensi atraksi di beberapa destinasi jalur mudik lebaran melalui #MudikPenuhPesona", ungkap Arief.

#MudikPenuhPesona merupakan program lanjutan dari layanan panduan paket libur lebaran yang bertujuan untuk mempermudah para pemudik untuk mencari referensi destinasi wisata mudik yang bisa dieksplorasi selama waktu libur lebaran yang cukup panjang.

Layaknya program #PesonaLebaran yang sukses dikampanyekan tahun lalu, program #MudikPenuhPesona ini secara khusus akan menyajikan informasi seputar atraksi di destinasi mudik seperti event selama lebaran, kuliner khas lebaran, serta oleh-oleh lebaran yang menarik.  Layanan ini sangat mudah diakses diberbagai mesin pencari (search engine), cukup dengan menuliskan #MudikPenuhPesona, detinasi wisata mudik akan langsung tersedia.

 

"Dipilihnya program #MudikPenuhPesona ini tidak lain sebagai upaya Kemenpar untuk mempromosikan titik-titik destinasi wisata mudik yang kemungkinan besar hanya mampu melejit setiap setahun sekali, yakni ketika momen mudik lebaran", imbuh Menteri asal Banyuwangi ini.

Alasan inilah yang melatarbelakangi diangkatnya program #MudikPenuhPesona untuk memperkenalkan potensi destinasi wisata mudik yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti: Aceh, Medan, Padang, Palembang, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Solo, Semarang, Pekalongan, Magelang, Surabaya, Banyuwangi, Tanjung Kelayang, Makassar, Bunaken, Raja Ampat, Wakatobi dll.

Selain itu, dalam kesempatan ini, Kemenpar juga memberdayakan netizen, masyarakat, serta komunitas pecinta pariwisata di masing-masing daerah untuk saling mempromosikan daerahnya.

Lebih lanjut, Menpar Arief Yahya menyampaikan secara rinci jika sejak tanggal 22 Juni hingga 1 Juli 2017, Kemenpar setiap hari akan meluncurkan #MudikPenuhPesona diikuti dengan hashtag tambahan #WisataJalurMudik, #PesonaCeritaMudik, #PesonaTakbir, #PesonaKetupatLebaran, #KulinerKhas, ##PiknikLebaran, #PesonaOlehOleh, #MemoryLebaran.

 

"Hashtag ini nantinya diharapkan mampu mendorong keikutsertaan dan keterlibatan anak-anak muda pecinta pariwisata untuk mengambil bagian sebagai duta pariwisata daerahnya", pungkasnya. 

Untuk memastikan suksesnya program #MudikPenuhPesona ini, Kemenpar telah jauh-jauh hari melakukan koordinasi dengan Kepala Daerah dan Kepala Dinas Pariwisata daerah terkait agar potensi wisata dapat dipromosikan dan pelayanan wisnus dapat dimaksimalkan. (Biro Hukum dan Komunikasi Publik, Kementerian Pariwisata dan Tim Komunikasi Pemerintah Kemenkominfo)

ISTA 2018

 

Hubungi Kami

      

Asian Games 2018

     

E-Magazine

       

Selengkapnya...

Tourist Statistik

Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2016
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Tahun 2015
Laporan Akuntabilitas Kinerja Deputi Bidang Pengembangan Destinasi Dan Industri Pariwisata Tahun 2015
Selengkapnya...
Pengumuman
Pengadaan Barang dan Jasa Secara Elektronik
Pengumuman Hasil Seleksi Terbuka Pengisian JPT Madya
Pengumuman Hasil Seleksi Terbuka Pengisian JPT Pratama
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved