Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017 ( Menu : Berita > ISTA )
  • Student Video Essays Contest (menu : Berita > Pengumuman )
  • Pengumuman Usulan Dana Alokasi Khusus Subbidang Pariwisata Tahun Anggaran 2016
 
 Berita Utama
 Pengumuman
 Agenda
 Kegiatan Pembangunan
 Publikasi
 Kegiatan Pertemuan
 Info Peluang
 Pengadaan Barang/Jasa
 Rencana Umum Pengadaan (RUP)
 Pidato
 CEO Message
 ISTA
 
Berita Utama
Siaran Pers : Menanti Pesona Jempol Bloggers - Vloggers - Selegran di Wonderful Noon 2017
15-Mar-2017 12:00

JAKARTA - Ada yang menggelitik dari acara Wonderful Noon - Click! The Heritage Line of Indonesia di TugubKunstring Paleis, Jakarta, 15 Maret 2017 lalu. Saat Kemenpar ngobrol bareng dengan anak-anak muda aktivis blogger, vlogger, dan selebgram yang mengantungi puluhan hingga ratusan ribu followers dan subscribers itu.

"Kalau dulu ada pepatah, Mulutmu Harimaumu?   Sekarang up loadmu harimaumu? Di ruang ini, berlaku istilah: Jarimu Pesonamu!" sambut Ukus Kuswara, Sekretaris Kementerian Pariwisata RI, yang langsung disambut tepuk tangan oleh sekitar 50 orang yang ada di restoran di Jalan Teuku Umar 1, Gondangdia, Menteng, Jakpus itu.
 
Kata-kata Ukus Kuswara itu rupanya bukan sekedar berkelakar dan bernada humor. Ada sedikit "rayuan" kepada para pegiat media sosial itu agar menyisihkan secuil perhatian buat mempromosikan Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dalam timeline media sosialnya. "Plis, bantu promosikan pariwisata Indonesia melalui blog, vlog, Youtube, Instagram, Facebook, Twitter, Pinterest dan semua platform medsos kalian," harap Ukus.
 
 
Dia menggambarkan, pariwisata adalah cara yang paling mudah, murah, dan cepat untuk meningkatkan devisa, PDB dan menyerap tenaga kerja terbesar buat bangsa. Pariwisata juga sudah ditetapkan Presiden Joko Widodo sebagai core economy Indonesia. Jika banyak wisman dan wisnus karena foto, video, infografis dan catatan dari pegiat media sosial ini, maka sama dengan sudah berkontribusi buat membangun masa depan bangsa!
 
"Jadi, mari beramal, dengan cara kalian! Memposting content yang menggugah orang untuk berwisata ke Indonesia. Sesuai passion Anda," kata Ukus yang lagi-lagi membuat beberapa blogger, vlogger dan selebgram itu terharu.
 
Ucita Pohan pun, salah satu peserta yang akrab dengan akun @uchiet di IG dengan followers lebih dari 53,5 ribu itu langsung menyahut. "Saya jadi terharu, ternyata di sini kita juga bisa beramal, untuk kesejahteraan masyarakat, amin!" spontan, kata Ucita yang juga broadcaster, MC, fashion beauty, kolumnis itu.
 
Kegiatan ini diinisiasi oleh Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dengan tema 'Wonderful Noon - Click! The Heritage Line of Indonesia'. Sengaja dipilih di restoran Tugu Kunstring Paleis, karena tempatnya keren, kaya akan objek foto dan video, penuh dengan koleksi barang antik, dan di pusat kota Jakarta.
 
Hadir juga Stafsus Menpar Bidang Komunikasi, Don Kardono, yang memberikan ilustrasi "gambar besar" arah dan strategi media Kemenpar ke depan. Satu dari top three prioritas Kemenpar adalah Go Digital, selain homestay desa wisata dan air connectivity atau akses penerbangan udara. "Kalian hidup dan muda di alam yang tepat, era digital lifestyle. Bangun tidur yang dicari pertama, handphone! Yang dipencet pertama button WA, IG, FB, Twitter, Line, dan sebangsanya! Ngaku nggak?" tanya Don.
 
Anak-anak muda itu pun, tersenyum, saling lihat kiri-kanan, dan ujungnya mengangguk. Simbol konfirmasi. Mereka menyadari, tak bisa hidup berlama-lama tanpa smartphone di dekat nya. Dompet boleh lupa, tapi kalau HP dan powerbank yanh tertinggal, bisa uring-uringan sepanjang hari. "Itulah digital lifestye. Kita baru sadar, bahwa kita ini hidup di dua alam. Dunia nyata dan dunia maya. Dua duanya harus eksis," sebut Don Kardono.
 
 
Dia juga mengajak para blogger, vlogger, selebgram untuk memposting dan meng-create tema-tema pariwisata. "Destinasi alam dan budaya kita gak kalah kok dengan di mana saja, di seluruh dunia! Festival dan event-event kita juga gak kalah heboh! Saya sangat yakin, objek gambar, video, dan kalimat kalimat bernuansa wisata, tidak akan menurunkan jumlah followers Anda, malah sebaliknya, akan menambah fans baru, karena ke depan pariwisata akan semakin banyak pengikut," jelas Don.
 
Satu lagi, passion dan hobi anak-anak muda itu juga segaris dengan Menpar Arief Yahya yang 30 tahun hidupnya di teknologi digital. Karena itu media, dalam konsep Menpar Arief, ada 4, Paid Media, Own Media, Social Media, dan Endorser. Karena itu jangan heran, jika Go Digital Kemenpar itu dijalani dengan serius di semua lini.
 
Acara ini diharapkan menjadi connection para blogger, vlogger, dan selebgram berkolaborasi bersama Kementerian Pariwisata untuk mengembangkan pariwisata Indonesia secara Digital. Terutama melalui sosial media demi terwujudnya target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara dan 275 juta wisatawan nusantara di tahun 2019.
 
Staf Khusus Menteri Bidang Komunikasi ini juga mengulang statemen Menpar Arief Yahya di berbagai kesempatan. Pemerintah sudah menetapkan target kunjungan wisman sebesar 15 juta, dengan asumsi perolehan devisa sebesar US$ 14,9 miliar tahun 2017. Ini akan meningkat menjadi 20 juta wisman dan menghasilkan devisa sebesar Rp 280 triliun pada 2019 mendatang. Untuk mencapai target tersebut stategi pemasaran dan promosi pariwisata terus digencarkan. Salah satunya adalah pengelolaan dan pembangunan pariwisata melalui Go Digital.
 
Kegiatan ini melibatkan para travel, fashion dan beauty blogger serta vlogger dan selebgram ternama dengan jumlah ribuan bahkan ratusan ribu follower seperti Indah Nada, Febrian, Ucita Pohan, Gemala Hanafiah, Trinity, Rachel Godard dan lainnya,  juga dihadiri oleh Staf Khusus Menteri Pariwisata Bidang Komunikasi Bapak Don Kardono, Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Bapak M. Iqbal Alamsjah, dan para tamu undangan General Manager Tugu Hotels Mr. Andy Guy, Dirut PT.Martina Berto Tbk., Bapak Bryan Tilaar, Corporate Marketing Manager Tauzia Group, Ibu Tri Niarti serta para pejabat eselon 3 dan 4 di lingkungan Biro Hukum dan Komunikasi Publik.
 
Turut mendukung kegiatan ini yaitu Tauzia Group Hotels, Tugu Kunstkring Paleis, dan Martha Tilaar.  Kegiatan yang bertemakan 'Wonderful Noon - Click! The Heritage of Indonesia' menyajikan berbagai macam keseruan antara lain shoes painting, makeup challenge, doodle drawing yang bekerjasama dengan Tauzia Management dan untuk para pemenangnya mendapatkan voucher menginap dari Tauzia Management dan Voucher Spa dari Marta Tilaar. Di pojok belakang pun tersedia relax corner persembahan dari Martha Tilaar, disediakan bagi seluruh yang hadir jika ingin santai sejenak merasakan spa and massage dari Marta Tilaar.
 
Di acara ini menampilkan beberapa atraksi yang gak kalah serunya seperti Sand Painting dari Ronal HK yang menggambarkan dengan ciamik 10 Destinasi Prioritas Kemenpar dalam lukisan pasirnya, performance by Renita & Band dengan alunan musik Jazz yang menghangatkan suasana, Food Parade dari Tugu Kunstring Paleis dengan tarian khas Ibu Kota Jakarta dan Hip Hop by Yello Hotels yang turut memeriahkan acara Wonderul Noon
 
Wonderful Noon, diharapkan dapat mempererat hubungan baik dengan para "aktivis digital" ini dimana sebelumnya beberapa dari mereka banyak yang sudah aktif membantu Kemenpar sebagai "endorser" dalam memperkenalkan destinasi unggulan melalui kegiatan Famtrip. (komblik)
 
Tourist Statistik

Fokus Berita
Narasi Tunggal : LELE BIOFLOK, SOLUSI PENUHI KEBUTUHAN GIZI MASYARAKAT
Narasi Tunggal: Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional
Siaran Pers : Kemenpar Genjot Sport Tourism Lewat Event Ironman 70.3 di Bintan
Narasi Tunggal: Koperasi jadi Institusi Ekonomi Rakyat Di Masa Depan
Narasi Tunggal: HARI ANTI NARKOTIKA INTERNASIONAL (HANI) 2017
Selengkapnya...
Kinerja
Laporan Akuntabilitas Kinerja Kementerian Pariwisata Tahun 2015
Laporan Akuntabilitas Kinerja Sekretariat Kementerian Pariwisata Tahun 2015
Laporan Akuntabilitas Kinerja Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni Dan Budaya
Selengkapnya...
Pengumuman
Indonesia Sustainable Tourism Award (ISTA) - 2017
Daftar Nama Pemenang Lomba Anugerah Pesona Bahari 2016
Pendaftaran Peserta World Halal Tourism Summit 2016 di Abu Dhabi UEA Dibuka!
Selengkapnya...
 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved