Galeri | Link Informasi | Hubungi Kami | Forum | Peta Situs Indonesia | English       
Pencarian :      
 
  • Student Video Essays Contest (menu : Berita > Pengumuman )
  • Pengumuman Usulan Dana Alokasi Khusus Subbidang Pariwisata Tahun Anggaran 2016
Frequently Ask Questions

 

1. Bagaimana saya bisa mengajukan dukungan dana (sponsorship) kepada Kementerian Pariwisata untuk kegiatan yang akan saya selenggarakan atau ikuti?

 

Dukungan/sponsorship dari Kementerian Pariwisata saat ini terbatas hanya pada kegiatan event nasional/internasional yang juga didukung oleh Dinas Pariwisata/Pemerintah Provinsi/stakeholder industri pariwisata. Daftar dukungan yang sudah disetujui ini sudah ada pada satuan kerja teknis terkait. Kami sarankan agar proposal permohonan dukungan kegiatan diajukan kepada Dinas Pariwisata Provinsi/Kabupaten/Kota untuk selanjutnya diproses oleh Kepala Dinas Pariwisata dan disampaikan kepada Pemerintah Pusat (dalam hal ini Kementerian Pariwisata).

Calendar of event 2016 yang resmi didukung oleh Kementerian Pariwisata dapat dilihat di http://pesona.indonesia.travel/events.

Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata dapat memberikan dukungan berupa promosi/publikasi dengan menayangkan event pariwisata melalui fasilitas multimedia videotron Kemenpar atau dengan menyebarluaskannya melalui media sosial resmi Kemenpar. Untuk dapat ditayangkan di videotron, silakan mengirimkan video dengan format .mp4 dan .avi beserta Surat Permohonan Penayangan Video kepada:

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik

Gedung Sapta Pesona Lantai 2

Jl. Medan Merdeka Barat No. 17

Jakarta 10110

Telp. (021) 3838899

 

2. Bagaimana mekanisme pengajuan magang/PKL di Kementerian Pariwisata?

 

Kementerian Pariwisata membuka kesempatan bagi mahasiswa tingkat akhir dan siswa SMA (sederajat) untuk melaksanakan program magang/PKL. Silakan mengajukan Surat Permohonan Magang/PKL yang disertai:

  • Curriculum vitae (CV)
  • Surat Persetujuan dari kampus/sekolah
  • Rencana waktu magang/PKL yang diinginkan
  • Jurusan studi dan bidang kerja yang dinginkan (untuk mahasiswa)

Surat dirimkan langsung atau melalui pos atau melalui email kepada:

Kementerian Pariwisata

Gedung Sapta Pesona

Jl. Medan Merdeka Barat No. 17

Jakarta 10110

Telp. (021) 3838571

databaseropeg@yahoo.com

 

Mengingat tingginya peminat program magang/PKL di Kemenpar, pelamar disarankan untuk menghubungi unit kerja terkait untuk mengetahui ketersediaan lowongan.

 

3. Di mana saya bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan/ rekrutmen pegawai Kementerian Pariwisata?

 

Kementerian Pariwisata membuka peluang bagi seluruh WNI yang memenuhi persyaratan untuk berkarir di Kementerian Pariwisata. Rekrutmen Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kementerian Pariwisata diumumkan di menu PENGUMUMAN di website dan media sosial resmi kementerian (website: www.kemenpar.go.id, Facebook fan page: Kementerian Pariwisata https://www.facebook.com/KEMENPAR/, Twitter: @kemenpar_RI https://twitter.com/Kemenpar_RI, instagram: @kemenpar https://www.instagram.com/kemenpar/) . 

 

4. Bagaimana prosedur melakukan kunjungan kerja atau Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) ke Kementerian Pariwisata?

Kementerian Pariwisata membuka kesempatan kepada rombongan mahasiswa/pelajar/operusahaan untuk melakukan Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) ataupun mengadakan kuliah umum di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata. Adapun persyaratan untuk KKL adalah:

  1. Surat Permohonan Kunjungan Kerja Lapangan dari instansi/sekolah/perusahaan yang menyatakan kapan dan berapa lama kunjungan akan dilakukan, fasilitasi/dukungan apa yang dibutuhkan (misalnya: ruangan pertemuan/pejabat sebagai narasumber/goodie bag/souvenir/konsumsi/publikasi&dokumentasi. 
  2. Proposal Kegiatan yang didalamnya mencantumkan latar belakang kegiatan dan urgensinya terhadap pengembangan pariwisata Indonesia, serta nomor kontak panitia penyelenggara.
  3. Surat dan dokumen pendukungnya dikirimkan dengan subjek “Kunjungan Kerja Lapangan – (Nama Instansi/Sekolah/Perusahaan) dan dialamatkan kepada:

Deputi Bidang Pengembangan Kelembagaan Pariwisata

u.p Sekretaris Kementarian Pariwisata

Gedung Sapta Pesona Lt. 11

Jl. Medan Merdeka Barat No. 17

Jakarta 10110

Email: tu_dbpkk@yahoo.co.id

 

 

5. Di mana saya bisa mendapatkan kontak pejabat/unit kerja (email, fax, telepon) di Kementerian Pariwisata?

 

Alamat resmi dan nomor kontak Pejabat Kementerian Pariwisata (eselon 2 dapat anda lihat di menu KELEMBAGAAN di website Kementerian Pariwisata atau klik link berikut (http://www.kemenpar.go.id/asp/ringkasan.asp?c=10) 

6. Di mana saya bisa mendapatkan data statistik pariwisata di Kementerian Pariwisata?

Data statistik kepariwisatan bisa didapatkan di menu STATISTIK pada website Kementerian Pariwisata (http://www.kemenpar.go.id/asp/ringkasan.asp?c=87). Untuk mendapatkan data statistik yang tidak ditampilkan di website, silakan mengajukan permohonan informasi kepada Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID), dengan mengisi Formulir Permohonan Informasi Publik. Formulir dapat didownload di website www.kemenpar.go.id di menu Informasi Publik Formulir Permohonan Informasi. Isi formullir dan kirimkan beserta fotocopy identitas diri kepada:

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Kementerian Pariwisata

Gedung Sapta Pesona Lt. 2

Jl. Medan Merdeka Barat No 17

Jakarta 10110

Email ppid@kemenpar.go.id

Telp. (021) 3838899

Fax. (021) 3810401

Untuk informasi lebih lengkap mengenai prosedur pelayanan informasi publik silakan melihat Standar Operasional Prosedur (SOP) di menu PPID di website www.kemenpar.go.id

 

7. Kepada unit kerja mana saya bisa menawarkan produk/menyampaikan company profile saya?

 

Kementerian Pariwisata melalui LPSE menyelenggarakan pengadaan barang/jasa pemerintah secara elektronik (e-procurement) yang dapat melihat di link berikut http://lpse.kemenpar.go.id/eproc/. Perusahaan dapat mengikuti proses pengadaan dengan terlebih dahulu mendaftar sebagai penyedia barang/jasa di link tersebut.

 

8. Bagaimana mekanisme kerja sama media (peliputan) di Kementerian Pariwisata?

 

Silakan mengirimkan Surat Tugas Liputan yang ditandatangani oleh Pimpinan Redaksi dan dibubuhi cap kantor, yang dialamatkan kepada:

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kementerian Pariwisata

Gedung Sapta Pesona Lt. 2

Jl. Medan Merdeka Barat No. 17

Jakarta 10110

Atau dengan mengirimkan hasil scan Surat Tugas Liputan tersebut ke pusformasbudpar@yahoo.com dengan subjek “Permohonan Meliput Kegiatan Kemenpar”.

 

9. Di mana saya bisa mendapatkan informasi mengenai perizinan, sertifikasi, dan standarisasi usaha dan profesi pariwisata?

 

Sejak diterapkannya otonomi daerah, Kementerian Pariwisata tidak lagi mempunyai wewenang untuk mengeluarkan izin usaha pariwisata. Informasi mengenai izin usaha pariwisata bisa Anda peroleh di Pusat Terpadu Satu Pintu (PTSP) kabupaten atau kota setempat.

Untuk mengetahui informasi mengenai sertifikasi dan standarisasi usaha pariwisata, silakan menghubungi:

Asisten Deputi Industri Pariwisata

Gedung Sapta Pesona Lt. 4

Jl. Medan Merdeka Barat No.17

Telp. (021) 3838232/3838269/3838235

Informasi mengenai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dapat Anda lihat di menu Kebijakan  Perundang – undangan  Peraturan Menteri  Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Bidang Pariwisata atau klik lnik berikut http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=38&id=1831. Untuk informasi lebih lengkap, Anda dapat menghubungi:

Asisten Deputi Pengembangan SDM Aparatur

Gedung Film Lt. 4

Jl. MT. Haryono Kav 47 – 48

Jakarta

Telp. (021) 7993629

 

10. Bagaimana mekanisme pengajuan penelitian untuk skripsi/tesis di Kementerian Pariwisata?

 

Mahasiswa ataupun masyarakat umum dapat mengajukan proposal penelitian untuk skripsi, tesis, desertasi atau karya tulis lainnya dengan mencantumkan judul, maksud & tujuan, tema/ringkasan karya tulis, serta data yang dibutuhkan melalui menu “Hubungi Kami” pada website www.kemenpar.go.id.

 

11. Bagaimana mekanisme pengajuan dukungan untuk pengembangan objek/usaha pariwisata ke Kementerian Pariwisata?

Kementerian Pariwisata mendukung pengembangan objek/usaha pariwisata sebagai stakeholder kami. Proposal dan Surat Pengajuan Dukungan dapat dialamatkan kepada:

Asisten Deputi Industri Pariwisata

u.p Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata

Gedung Sapta Pesona Lt. 4

Telp. (021) 3838232/3838290

Kami juga menyarankan agar para pelaku industri pariwisata berkonsultasi terlebih dahulu kepada asosiasi/lembaga pariwisata setempat berdasarkan klasifikasi usaha dan jasa pariwiata yang akan dibuat. Alamat asosiasi/lembaga pariwisata tersebut dapat Anda lihat di menu Link Directory Asosiasi/Lembaga Pariwisata atau di link berikut: http://www.kemenpar.go.id/asp/content.asp?id=82.

 

12. Bagaimana mekanisme partisipasi di event pariwisata yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata di luar negeri?

Kementerian Pariwisata melalui satuan kerja  terkait yaitu Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara mengundang stakeholder industri pariwisata bergabung untuk berpartisipasi dalam event luar negeri (travelmart/pameran/tabletop). Adapun Kementerian Pariwisata membagi fokus pasar sebagai target market stakeholder kami yaitu Pasar Asia Tenggara, Pasar Asia Pasifik, Pasar Eropa Pasar Timur Tengah, Pasar Amerika dan Pasar Afrika. Untuk informasi telepon dapat melihat di:  http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=10&id=1003

 

Silakan mengajukan Surat Permohonan Partisipasi atau Kerjasama kepada masing – masing Asisten Deputi sesuai dengan lokasi event terkait, melalui pos atau disampaikan langsung ke Kementerian Pariwisata.

 

Untuk pasar wilayah Asia Tenggara, surat dapat ditujukan kepada:

Asdep Pengembangan Pasar Asia Tenggara

Gedung Sapta Peson Lt. 9

Jl. Medan Merdeka Barat No. 17

Jakarta 10110

Fax. (021) 3449268

 

Untuk pasar wilayah Asia Pasifik, surat ditujukan kepada:

Asdep Pengembangan Pasar Asia Pasifik

Gedung Sapta Pesona Lt. 10

Jl. Medan Merdeka Barat No. 17

Jakarta 10110

Telp. (021) 3838353

 

Untuk pasar wilayah Eropa Timur Tengah, Amerika, dan Afrika, surat ditujukan kepada:

Asdep Pengembangan Pasar Eropa Timur Tengah, Amerika, dan Afrika

Gedung Sapta Pesona Lt. 9

Jl. Medan Merdeka Barat No. 17

Jakarta 10110

Telp. (021) 3838309 atau 3838303.

 

13. Kemana saya bisa mengusulkan program pengembangan destinasi pariwisata daerah?

Kementerian Pariwisata mengapresiasi inisiatif dan partisipasi masyarakat, komunitas, instansi dan Pemerintah Daerah dalam perumusan kebijakan pengembangan pariwisata tanah air. Kirimkan usulan rancangan kebijakan pengembangan pariwisata Anda kepada:

Deputi Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata

Gedung Sapta Pesona Lt. 14

Jl. Medan Merdeka Barat No. 17

Jakarta 10110

(021) 3838803/3838423

 

14. Bagaimana mekanisme mengajukan permohonan pejabat Kementerian Pariwisata sebagai narasumber?

Untuk mengundang pejabat Kementerian Pariwisata sebagai narasumber, silakan mengirimkan Surat Permohonan Sebagai Narasumber disertai nama acara, maksud dan tujuan penyelenggaraan, waktu dan tempat pelaksanaan, tema/deskripsi singkat acara. Surat dialamatkan kepada pimpinan masing – masing unit kerja yang alamatnya dapat Anda dilihat di menu KELEMBAGAAN di website Kementerian Pariwisata atau di link berikut: http://www.kemenpar.go.id/asp/ringkasan.asp?c=10 

 

15. Di mana saya bisa mendapatkan logo resmi Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia dan panduan penggunaannya?

Anda bisa mendapatkan logo resmi Wonderful Indonesia dan Pesona Indonesia serta panduan penggunaannya di website www.kemenpar.go.id di menu Profil Arti Logo, atau klik link berikut: http://www.kemenpar.go.id/asp/detil.asp?c=6&id=3169 

 

16. Bagaimana saya bisa mendapatkan dukungan materi promosi pariwisata dari Kementerian Pariwisata?

Sebapai upaya untuk mempromosikan pariwisata Indonesia, setiap tahun Kementerian Pariwisata memproduksi materi promosi untuk pasar dalam negeri dan luar negeri. Masyarakat bisa mendapatkan materi promosi tersebut untuk mendukung kegiatan yang akan dilaksanakan dengan mengirimkan Surat Permohonan Dukungan Materi Promosi Pariwisata yang berisi keterangan nama kegiatan, tempat dan tanggal pelaksanaan kegiatan, jenis dan jumlah materi yang diperlukan.

Untuk dukungan materi kegiatan yang akan dilaksanakan di luar negeri atau dilaksanakan di dalam negeri tetapi dengan peserta orang asing, surat diajukan kepada:

Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Mancanegara

Gedung Sapta Pesona Lt. 20

Jl. Medan Merdeka Barat No. 17

Jakarta Pusat 10110

Telp. (021) 3838552 

Email. asdeppkp2m@gmail.com 

Dan untuk dukungan materi kegiatan yang akan dilaksanakan di dalam negeri, surat diajukan kepada:

Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara

Gedung Sapta Pesona Lt. 22

Jl. Medan Merdeka Barat No. 17

Jakarta Pusat 10110

Telp. (021) 3838481

Fax. (021) 3510126

Email.  putungurah123@yahoo.com 

 

17. Di mana saya bisa mendapatkan informasi mengenai database pegawai Kementerian Pariwisata?

Saat ini Kementerian Pariwisata belum menyajikan database seluruh pegawai Kementerian Pariwisata secara online. Informasi pegawai baru terbatas nama, jabatan dan alamat kantor pejabat Eselon 1 dan Eselon 2. Untuk keterangan lebih lanjut terkait database kepegawaian Kementerian Pariwisata silakan mengajukan permohonan informasi melalui PPID, dengan mengisi Formulir Permohonan Informasi Publik. Formulir dapat didownload di website www.kemenpar.go.id di menu Informasi Publik  Formulir Permohonan Informasi, kemudian dikirimkan beserta fotocopy identitas diri kepada:

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Kementerian Pariwisata

Gedung Sapta Pesona Lt. 2

Jl. Medan Merdeka Barat No 17

Jakarta 10110

Email ppid@kemenpar.go.id

Telp. (021) 3838899

Fax. (021) 3810401

Untuk informasi lebih lengkap mengenai prosedur pelayanan informasi publik silakan melihat Standar Operasional Prosedur (SOP) di menu PPID di website www.kemenpar.go.id.

 

18. Bagaimana saya bisa mendapatkan informasi mengenai laporan keuangan Kementerian Pariwisata?

 

Untuk mendapatkan informasi keuangan Kementerian Pariwisata, silakan mengisi Formulir Permohonan Informasi Publik yang bisa didownload di website kementerian, mengirimkannya beserta fotocopy identitas (KTP/SIM/passport) melalui email, fax atau pos kepada:

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi

Kementerian Pariwisata

Gedung Sapta Pesona Lt. 2

Jl. Medan Merdeka Barat No 17

Jakarta 10110

Email ppid@kemenpar.go.id

Telp. (021) 3838899

Fax. (021) 3810401

Untuk informasi lebih lengkap mengenai prosedur pelayanan informasi publik silakan melihat Standar Operasional Prosedur (SOP) di menu PPID di website www.kemenpar.go.id.

 

19. Di mana saya bisa mendapatkan informasi mengenai visa/ imigrasi?

Untuk mendapatkan informasi mengenai visa dan imigrasi silakan mengunjungi website Direktorat Jenderal Imigrasi (Kementerian Hukum dan HAM) http://www.imigrasi.go.id.

 

20. Bagaimana mekanisme partisipasi di event pariwisata yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata di dalam negeri?

Untuk mengetahui mekanisme partisipasi event pariwisata di dalam negeri, silakan menghubungi:

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara

Gedung Sapta Pesona Lt. 17

Jln. Medan Merdeka Barat No. 17

Jakarta 10110

Telp. (021) 3838462/34830835

 

21. Bagaimana cara berlangganan informasi kepariwisataan melalui email?

Saat ini Kementerian Pariwisata belum mengembangkan aplikasi untuk penyebarluasan informasi melalui berlangganan email (e-mail blast). Namun, Anda dapat mengikuti update informasi kami melalui website dan akun media sosial resmi kami, yaitu: website: www.kemenpar.go.id dan www.indonesia.travel, Facebook fan page: Kementerian Pariwisata https://www.facebook.com/KEMENPAR/, Twitter: @kemenpar_RI https://twitter.com/Kemenpar_RI, instagram: @kemenpar https://www.instagram.com/kemenpar/.

 

 

Kerja Nyata

Statistik

selengkapnya

Publikasi Statistik

selengkapnya

Daftar UPT
Video

30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia30 Ikon Kuliner Tradisional Indonesia

Selengkapnya...
GPR
 
Maklumat Pelayanan

POLLING

SURVEY

Temukan Kami

 
   
copyright@2012 ministry of tourism. All rights reserved